Movie : Train to Busan

Ini adalah film korea pertama yang saya tonton. Biasanya cuman ngikutin drama aja..yang  tema nya ga jauh2 dr soal kehidupan sehari2  disekitar kita. Kebetulan saya punya genk penyuka korea yang punya satu visi bahwa hobby itu layaknya agama jadi ga bisa diganggu-gugat..hahahaaa๐Ÿ˜‚

Layaknya Hollywood ternyata Korea juga punya Zombie. Cerita berawal dari Bapak-anak yang akan melakukan perjalanan ke Busan menggunakan kereta klo di korea disebutnya KTX. Hari itu adalah hari ulangtahun si anak, Su-An namanya..dia minta ayahnya mengantarkan dia bertemu ibunya di Busan. Ternyata ayah dan ibu nya pasangan yg sudah berpisah.

Keanehan mulai terjadi ketika ada seorang gadis yang ikut naik dikereta yg sama dengan Su-An dan ayahnya. Gadis tersebut akhirnya menyerang pegawai kereta yg hendak menolongnya,ternyata si gadis tersebut sudah terinfeksi dan menjadi zombie. Serangan terus berlanjut dr satu zombie ke semua penumpang yg ada di kereta tersebut.

Dari berita televisi yg mereka tonton akhirnya penumpang kereta mengetahui bahwa serangan zombie sudah hampir menyebar keseluruh kota. Kereta sempat berhenti disatu stasiun yang katanya sudah steril tapi ternyata diluar dugaan dilokasi tersebut juga sudah di serang zombie. Penumpang yg td nya sempat turun akhirnya lari kembali menuju kereta termasuk Su-An dan ayah nya. Ketegangan terjadi saat Su-An sempat terpisah dengan ayahnya dan diselamatkan sepasang suami-istri yg sblmnya bertemu diatas kereta.

Su-An berada bersama wanita yg sedang hamil..seorang nenek tua..dan laki2 berpenampilan seperti gelandangan,mereka bersembunyi bersama didalam toilet kereta di gerbong 13. Sementara ayahnya Su-An bersama suami wanita yg sedang hamil dan seorang pelajar berada digerbong 9. Bertiga akhirnya mereka berjuang bersama menghadapi para zombie yg sudah hampir memenuhi semua kereta agar bisa sampai ke gerbong 13. Di film ini tergambarkan bagaimana perjuangan dan pengorbanan yang harus kita lalui dan lakukan demi orang yang kita cintai. Bagaimana egois nya orang2 tertentu yang hanya memikirkan keselamatan diri sendiri tanpa peduli siapapun.Mengajarkan kita harus tetap saling tolong-menolong walaupun dengan orang asing yang baru kita temui.

Ketegangan demi ketegangan terus berlanjut apalg ketika mereka yang selamat harus berganti kereta krn jalur kereta yg sblmnya tidak bisa di lalui. Adrenalin begitu terpacu melihat Su-An yg digendong ayahnya dan wanita hamil berlarian menyelamatkan diri dari kejaran ribuan zombie ditengah2 rel kereta. Ketegangan begitu tergambarkan dari angle pengambilan gambar. Saya termasuk orang yang tidak terlalu menyukai film zombie atau horor..tapi film satu ini cukup  layak untuk saya nikmati tanpa merasa jijik dengan efek menyeramkan si zombie.

Satu scene yang paling saya suka adalah ketika sang sutradara mengambil angle dr efek bayangan seseorang yang menjatuhkan diri dari kereta yang sedang berjalan. Efek mengerikan “tersamarkan” klo menurut saya,tetapi pesan bahwa itu adalah “bunuh diri” tetep tertangkap. Nah kira2 siapakah yang terjatuh tersebut? Siapa sajakah yang selamat sampai ke BUSAN krn hanya BUSAN satu2 nya kota yang belum terkena serangan zombie. Silahkan cinggu nonton sendiri ya.. Ini layak untuk dinikmati bukan hanya bagi cinggu penggemar korea.

 

Ti-Fanny Mun

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s